Leave data on clipboard for other applications | Tutorial Lengkap Coreldraw Leave data on clipboard for other applications | Tutorial Lengkap Coreldraw

Leave data on clipboard for other applications

Leave data on clipboard for other applications | Apa yang harus dilakukan jika kita bertemu dengan kotak dialog pada CorelDraw yang bertuliskan Leave data on clipboard for other applications seperti yang terdapat pada gambar 1 dibawah ini ? Oke, sebelum kita bahas lebih jauh mungkin ada baiknya jika kita cari tau dulu "Apa penyebab munculnya kotak dialog tersebut ?" Jawabannya sederhana sekali, hal itu terjadi karena kita sudah melakukan proses Copy suatu objek atau teks pada area graphic, baik dari data yang sudah ada ataupun dari data yang baru saja kita buat. Sedangkan cara menampilkan objek atau teks yang dicopy, cukup menekan Ctrl V (Paste), Oke Sobat ... Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini.

cara mengatasi leave data on clipboard for other application pada coreldraw
 (Gambar 1) 
  • Silahkan buka program CorelDraw Sobat (versi berapa pun itu)
  • Buka data CorelDraw yang pernah dibuat atau jika belum punya data buatlah object atau teks, kemudian copy (tekan Ctrl C). Kemudian Close lembar graphic tersebut (klik File - Close), namun bagi Sobat yang mengcopy object atau teks bukan dari data yang pernah dibuat, sebelum Kotak Dialog di atas muncul akan muncul konfirmasi apakah akan di save atau tidak objek/teks yang kita buat tadi. Jika akan disimpan klik YES, namun jika tidak akan disimpan klik NO.  
cara mengatasi leave data on clipboard for other application pada coreldraw
(Gambar 2) 

(Sebagai contoh, kali ini saya klik NO). Setelah kita klik NO, maka akan muncul Kotak Dialog seperti gambar 1 di atas. Coba tetap fokus pada Gambar 1 di atas, jika kita klik Yes maka data yang kita copy tadi akan tersimpan di Clipboard. Artinya pada saat kita membuat graphic baru kita dapat langsung melakukan Paste pada graphic baru tersebut tanpa harus melakukan proses SAVE (Paste adalah sebuah perintah untuk menampilkan suatu objek atau teks yang kita Copy), sedangkan jika kita klik NO, maka object atau teks yang kita Copy tadi tidak akan dapat di Paste di Graphic Baru, karena apa yang kita Copy tidak tersimpan dalam memory Clipboard. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini :

cara mengatasi leave data on clipboard for other application pada coreldraw
(Gambar 3)

Pada gambar di atas, jika kita klik Yes, maka Icon Paste akan aktif (dapat di-klik) itu berarti proses Paste dapat dilakukan pada semua program yang dikehendaki. Namun jika kita klik No, maka Icon Paste tidak dapat dilakukan (karena Icon tersebut tidak aktif).
Demikian tutorial corel draw kali ini, Selamat mencoba, semoga bermanfaat ...

Baca juga Cara Menyimpan File pada CorelDraw


http://tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com/



Leave data on clipboard for other applications | Silvia Agustina | 5
leave data on clipboard for other application, cara copy objek tanpa harus disimpan dalam coreldraw