Home » » Cara Menyimpan File

Cara Menyimpan File


Apabila gambar sudah kita buat, maka cara untuk menyimpan file tersebut ke dalam hardisk adalah dengan menekan tombol Ctrl S atau dengan cara meng-klik icon SAVE, pada menu Standard Bar.
Cara Menyimpan File, Tutorial Lengkap CorelDraw Bahasa Indonesia
 Gambar -1

Pada Gambar-1 di atas, Graphic1 (yang dilingkar merah) menandakan bahwa gambar yang kita buat belum tersimpan dalam hardisk. Setelah kita menekan Ctrl S atau meng-klik tombol SAVE, maka tampilan selanjutnya akan seperti gambar di bawah ini ...
Cara Menyimpan File, Tutorial Lengkap CorelDraw Bahasa Indonesia
  Gambar -2

Rubahlah Graphic1 yang terdapat pada File name menjadi nama file yang kita inginkan, sebagai contoh kali ini saya akan memberi nama file latihan-1 kemudian tekan ENTER, atau klik SAVE.
Cara Menyimpan File, Tutorial Lengkap CorelDraw Bahasa Indonesia
  Gambar -3

Lihatlah perubahan yang terjadi, nama awal yang tadinya Graphic1 berubah menjadi nama file yang kita buat. Adapun extention .CDR yang terdapat pada gambar di atas, itu akan dibuat secara otomatis oleh CorelDraw sendiri. Sangat mudah bukan ?

O iya Sob ... Hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan nama file adalah :
  1. Pastikan file yang kita buat tersimpan di Drive yang terpisah dengan drive system (jangan di simpan di Drive C:\)
  2. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti listrik mati atau komputer Sobat tiba-tiba nge-hang, simpanlah gambar yang kita buat sesering mungkin (walau dirasa proses edit gambar belum selesai). Adapun cara penyimpanan file selanjutnya, kita hanya perlu menekan Ctrl S saja. tanpa harus memberi nama file yang baru. 
  3. Untuk mempermudah dalam proses pencarian jika memang suatu saat diperlukan, berilah nama file yang sesuai dengan objek yang kita buat. Jadi kalau kita buat kartu nama, ya kita beri nama file : kartu nama. Jangan sampai objek yang kita buat kartu nama, sedangkan dalam penyimpanan file kita beri nama : hewan piaraan. Kacau kan ?! He... he ... he....
  4. Hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan graphic disini, adalah pada bagian Version. Pada gambar-2 di atas bagian Version berisi Version 14.0, itu menandakan file yang kita buat hanya dapat di edit / dibuka pada Corel versi 14 ke atas, adapun cara file tersebut agar dapat di edit/dibuka pada versi 14.0 kebawah rubahlah versi 14 tersebut ke versi yang lebih rendah.
Selamat Mencoba ...

0 comments:

Post a Comment

Pasang Iklan Anda Disini
Kumpulan Gambar Murah Berkualitas Pembesar Payudara Teh Hitam Blesstea Teh Nikmat Berjuta Khasiat ad size ad size

FansPage

Pastikan Sobat klik SUKA, karena dengan melakukannya akan ada pemberitahuan ke Account Sobat jika ada postingan baru, baik itu materi maupun berbagi file vector lainnya