Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw | Tutorial Lengkap Coreldraw Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw | Tutorial Lengkap Coreldraw

Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw

Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw. Jadi ingat waktu dulu ... waktu pertama kali saya belum mengenal CorelDraw, di suatu tempat saya pernah melihat desain brosur yang kebetulan terdapat tulisan SAKSIKANLAH seperti gambar di bawah, dalam hati saya bergumam : "Ini kira-kira pakai effect apa ?" yang pada waktu itu saya masih mengenal program pengolah kata saja (Word Star dan Office 97), dan saya pun menarik kesimpulan, bahwa effect di atas menggunakan fasilitas Word Art.
Mengenal Interactive Envelope Tool, www.tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com
Walau pada kenyataannya kasus di atas tidak pernah Sobat alami, disini akan saya uraikan bagaimana melakukan effect tersebut jika dilakukan dengan program CorelDraw. Dan benar-benar menakjubkan, ternyata effect yang dihasilkan jauh lebih variatif dibandingkan dengan menggunakan fasilitas Word Art yang dikeluarkan oleh program pengolah kata.

Kita mulai saja, Effect Envelope ini berfungsi untuk merubah bentuk objek atau teks dari bentuk baku ke bentuk yang kita inginkan. Sedangkan effect yang satu ini sering digunakan dalam pembuatan spanduk, brosur, banner, pamplet dll. Lantas bagaimana cara membuat effect seperti contoh di atas ?

Lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Buatlah teks dengan cara menekan F8 pada keyboard,
  2. Klik pada area kerja yang kosong, ketikkan : SAKSIKANLAH !!! atau apa pun itu, terserah Sobat. 
  3. Kemudian klik Pick Tool, dilanjutkan dengan menentukan jenis huruf yang cocok
  4. Setelah kita menentukan jenis huruf Klik Tool Envelope, perhatikan gambar di bawah ini : 
Mengenal Interactive Envelope Tool, www.tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com

Ikuti ke empat langkah di atas, jika sudah benar maka dengan sendirinya Sobat semua sudah tau "Apa fungsi Envelope yang terdapat pada Toolbox Corel Draw. Sedangkan untuk mengembalikan text/objek yang sudah diberi effect Envelope ini, klik menu Effect kemudian klik Clear Envelope. Jika dalam hal pembuatan effect ini sobat masih mengalami kesulitan, jangan menyerah teruslah berusaha. :)

Sekedar catatan saja, langkah tersebut di atas dapat dilakukan pada semua versi CorelDraw. Dari mulai versi 7 sampai dengan versi keluaran sekarang.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat ... :)

Baca juga : Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw



Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw | Abdul Aziz Muslim | 5
Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw, tutorial corel draw, corel design, corel draw design, corel draw online design, design corel, design corel draw, design corel draw tutorial, design corel draw x4, tutorial design corel, tutorial design corel draw, vector design corel draw