Mengenal Distortion Tool pada CorelDraw | Tutorial Lengkap CorelDraw Mengenal Distortion Tool pada CorelDraw | Tutorial Lengkap CorelDraw

Mengenal Distortion Tool pada CorelDraw

Mengenal Distortion Tool pada CorelDraw. Saya akui untuk tool yang satu ini memang jarang digunakan, dan itu betul Sob ! Tapi walau begitu bukan berarti kita harus mengabaikan akan fungsinya. Dan bisa dikatakan salah besar jika kita mengabaikannya, karena bagaimana pun ada kemungkinan jika suatu hari nanti kita akan butuh tool yang satu ini. Oke Sob kita langsung saja, adapun fungsi Distortion Tool adalah untuk menghancurkan atau bisa juga diartikan untuk mengenyampingkan suatu objek atau teks yang kita buat dari bentuk aslinya. Dan berikut ini saya lampirkan contoh & motifnya.

http://tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com/

Pada nomor 1 itu menggambarkan objek pertama yang Sobat buat, kemudian pada nomor ke 2 itu menggambarkan proses Distrostion dan pada gambar ke 3 menggambarkan effect yang dihasilkan dari menggunakan Tool Distortion tersebut. Sebagaimana telah diuraikan di atas, bahwa penggunaan Tool Distortion ini dapat digunakan bukan hanya pada objek saja, tapi pada teks juga bisa dilakukan. Coba perhatikan Sob ... Pada gambar di atas (yang dilingkar merah) terdapat fungsi Push and Pull Distortion, itu berarti untuk memberikan effect dorong dan tarik, sedangkan pada pilihan disampingnya terdapat fungsi Zipper yang berarti Ritsleting (kayaknya lebih enak kalau diartikan sebagai zig-zag, itu menurut saya lho Sob) dan pada pilihan yang satunya lagi terdapat fungsi Twister yang berarti untuk memberikan effect angin puyuh. O iya Sob, untuk hasil dari menggunakan effek Push and Pull Distortion sudah saya lampirkan contohnya di atas, sedangkan untuk efek Zipper (zig-zag) kayaknya tidak perlu diperlihatkan bagaimana gambarannya karena saya yakin Sobat sendiri sudah tahu bagaimana bentuk Zig-zag dan cara melakukannya. Nah untuk effek yang dihasilkan dengan menggunakan Twister berikut saya lampirkan hasil dan langkah-langkahnya.

mengenal distortion tool pada coreldraw, http://tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com/

Coba sobat perhatikan gambar di atas, pada nomor 1 adalah objek asli yang Sobat buat, pada nomor 2 adalah proses pembentukan effect Twister, adapun langkahnya ; letakkan kursor di tengah lingkaran dan agak menyamping ke sebelah kanan sebagaimana pada contoh gambar di atas, kemudian tarik sambil di drag dengan putaran melawan arah jarum jam. Adapun putarannya lakukan sesuai kebutuhan hingga membentuk seperti gambar di atas (nomor 3). Dalam mempraktekkan bagian ini, mungkin bentuk yang sobat praktekkan dengan contoh di atas tidak akan sama dan itu adalah sesuatu hal yang wajar. Namun paling tidak disini Sobat sudah tahu apa fungsi dari Distortion Tool ini.

Sedangkan untuk mempraktekkan dalam bentuk teks, silahkan Sobat buat teks tersebut dengan cara menekan Tool Text pada Toolbox atau dengan cara menekan F8 pada keyboard Sobat, kemudian klik pada area Graphic yang kosong. Misalkan huruf A dengan motif huruf bebas, kemudian praktekkan langkah ketiga di atas. Lihatlah perubahan yang terjadi, maka huruf A yang tadinya baku sekarang menjadi berubah bentuk menjadi tidak karuan.

Setelah dijelaskan fungsi dari Tool Distortion ini mungkin Sobat juga bertanya, lantas buat apaan ini Tool Distortion kalau sekedar untuk mengacak-acak bentuk aslinya ? Kayaknya disini saya tidak perlu menjelaskannya, karena saya yakin suatu saat nanti Sobat sendiri akan membutuhkannya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ...
Baca juga : Mengenal Fungsi Fountain Fill



Mengenal Distortion Tool pada CorelDraw | Abdul Aziz Muslim | 5
mengenal distortion tool pada coreldra, tutorial coreldraw bahasa indonesia lengkap dengan gambar, corel design, corel draw design, corel draw online design, design corel, design corel draw, design corel draw tutorial, design corel draw x4, tutorial design corel, tutorial design corel draw, vector design corel draw