Mengenal Uniform Fill pada CorelDraw | Tutorial Lengkap CorelDraw Mengenal Uniform Fill pada CorelDraw | Tutorial Lengkap CorelDraw

Mengenal Uniform Fill pada CorelDraw

Mengenal Uniform Fill pada CorelDraw | Banyak para Desainer Grafis mengartikan istilah menu yang terdapat pada Toolbox Corel Draw dengan pemikiran mereka sendiri, khususnya Uniform Fill. Namun perbedaan itu tidaklah penting untuk dipermasalahkan, yang penting disini kita mengetahui apa fungsi dari Uniform Fill itu sendiri.

Kita mulai saja Sob .... Adapun menurut pendapat saya, Fungsi dari Uniform Fill adalah untuk mengetahui komposisi warna dari objek atau teks yang kita buat.
Mengenal Uniform Fill pada CorelDraw, tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com
Dari gambar di atas bisa ditarik kesimpulan, Objek atau Teks yang kita buat adalah warna hitam, dengan komposisi warna bila menggunakan Model format CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)  C 0, M 0, Y 0, K 100. Apabila menggunakan Model format RGB (Red, Green, Blue) maka komposisinya adalah R 31, G, 26, B, 23 (lihat gambar di atas). Adapun untuk merubah model warna dari CMYK menjadi RGB atau yang lainnya, cukup klik pada "Model" lalu rubah dari CMYK ke model warna yang kita inginkan.

Sebagai latihan, silahkan Sobat buat objek atau teks kemudian buka menu Uniform Fill tersebut dengan cara klik pada objek atau teks tersebut kemudian tekan Shift + F11 pada keyboard (Shift ditahan/jangan dilepas, selama tombol F11 belum tertekan). Jika langkah ini sudah benar maka akan muncul menu Uniform Fill seperti contoh di atas, dengan demikian Sobat akan tau komposisi warna apa saja dari objek yang sobat buat.

Sebagai tambahan, cara cepat membuat warna yang kita pilih menjadi lebih terang, lebih gelap, sejuk dan lebih memucat, klik Tab Mixer pada menu Uniform Fill, kemudian pilih tipe Variation melalui menu drop down HUES. Adapun uraian dari warna tersebut adalah :
  • COOLER: menampilkan variasi warna kearah warna yang sejuk
  • WARMER: menampilkan variasi kearah warna yang hangat
  • DARKER: menampilkan variasi kearah warna yang lebih gelap
  • LIGHTER: menampilkan variasi kearah warna yang lebib muda
  • LESS SATURATION: menampilkan variasi kearah warna yang semakin memucat
Adapun cara mengetahui komposisi warna pada garis yang kita buat, baik itu dari objek atau teks tekan Shift + F12 pada keyboard (Shift ditahan/jangan dilepas, selama tombol F12 belum tertekan). Dengan melakukan langkah ini, maka dengan sendirinya Sobat akan tau komposisi warnanya.

Semoga bermanfaat ...
Untuk mengetahui Fungsi Texture Fill, silahkan klik disini



Mengenal Uniform Fill pada CorelDraw | Abdul Aziz Muslim | 5
Mengenal Uniform Fill pada CorelDraw, tutorial coreldraw, tutorial corel draw, tutorial lengkap coreldraw bahasa indonesia