Mengenal Fungsi Fountain Fill | Tutorial Lengkap CorelDraw Mengenal Fungsi Fountain Fill | Tutorial Lengkap CorelDraw

Mengenal Fungsi Fountain Fill

Mengenal Fungsi Fountain Fill | Pada menu yang satu ini, effect yang dihasilkan pada Fountain Fill sering disebut dengan istilah Gradasi. Mengapa demikian? Karena dengan effect ini mampu menghasilkan perubahan (penggabungan) warna dari satu warna ke warna yang lain dalam satu objek.
Mengenal Fungsi Fountain Fill, www.tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com
Sedangkan untuk menampilkan effect ini, klik terlebih dahulu objek atau teks yang kita buat dengan menggunakan Pick Tool, kemudian tekan F11 pada keyboard Saudara.

 Dialog Box Fountain Fill
Mengenal Fungsi Fountain Fill, www.tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com
Gambar 1

Lantas apa saja fungsi yang terdapat pada dialog box Fountain Fill ? Berikut penjelasannya :
  • Pada Bagian Type menunjukkan jenis Fountain yang akan kita gunakan (linear, radial, conical, square), untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini
Mengenal Fungsi Fountain Fill, www.tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com
  • Pada bagian Center Offset berfungsi untuk menentukan titik tengah yang terdapat pada type fountain fill yang kita pilih. Sekedar saran dari saya, untuk menentukan titik tengah yang kita inginkan cukup klik pada preview yang dilingkar merah sebagaimana yang terdapat pada gambar 1 di atas. Hal ini jauh lebih mudah dilakukan ketimbang dengan mengisikan angka pada titik vertical dan horizontal secara manual. Karena hanya dengan sekali klik pada preview tersebut, maka secara otomatis angka yang terdapat pada Center Offset akan terisi dengan sendirinya.
  • Pada bagian Color Blend  berfungsi untuk menentukan berapa warna yang akan Sobat gunakan dalam pemberian effect gradasi ini. Jika ingin menggunakan 2 warna saja pilih "two color", sedangkan pada bagian "from" berfungsi untuk merubah warna ke satu, dan bagian "to" berfungsi untuk merubah warna kedua. Adapun untuk hasil pada perubahan tersebut bisa dilihat pada kotak preview. 
  • Pada bagian Mid-Point : berfungsi untuk mengatur tingkat intensitas pada warna gradasi, baik yang sudah ada maupun yang kita buat secara manual.
  • Namun bila Saudara ingin menggunakan warna gradasi lebih dari 2 warna, pilih "costum". Maka dengan sendirinya tampilan dialog box Fountain Fill akan berubah seperti gambar dibawah ini, adapun untuk menambahkan warna ketiga keempat dan seterusnya kita tinggal double klik pada bagian yang dilingkar merah (area double klik bebas), kemudian pilih warna yang diinginkan, kemudian klik OK
 Mengenal Fungsi Fountain Fill, www.tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com

  • Pada bagian Presets : berfungsi untuk memilih kombinasi warna yang sudah ada dengan memilih pada bagian presets itu sendiri atau kita dapat membuat kombinasi warna dengan motif baru kemudian menyimpannya dengan menekan tombol tambah (+)
Semoga bermanfaat ...
Simak juga : Mengenal Tool Outline Pen pada CorelDraw



Mengenal Fungsi Fountain Fill | Abdul Aziz Muslim | 5
Fungsi Fountain Fill pada Toolbox corel draw, tutorial coreldraw, corel design, corel draw design, corel draw online design, design corel, design corel draw, design corel draw tutorial, design corel draw x4, tutorial design corel, tutorial design corel draw, vector design corel draw